Senin, 30 Juni 2014

Bintang Mengular (Macrophiotix belii)



Bintang Mengular (Macrophiotix belii)

Klasifikasi         :
Phylum             :  Echinodermata
Sub phylum      :  Asterozoa
Klas                  :  Ophiuroidea
Sub klas           :  Ophiurozoa
Ordo                 :  Ophiurida
Sub ordo           :       -
Family               : Ophiotrichidae
Genus               : Macrophiotix
Spesies             : Macrophiotix belii




Sumber   : ( zipcodezoo, 2010 ).


Ket. Gambar :
1. Lempeng cakram
2. Duri-duri
3. Mulut dan Anus
4. Lengan
5. Duri

Ciri – ciri utama
1. Berbentuk bintang yang mempunyai lima buah tangan dan halus
2. Madreporit terletak pada bagian aboral, sedangkan mulut pada bagian oral
3. Tidak mempunyai anus sehingga mulutnya yang berfungsi sebagai anus
4. Radiasi dapat bergerak ke lateral seperti bergeraknya seekor ular
5.  Pada bursa (pangkal radius di oral) dilapisi epithelium dengan cilia di sini terdapat muara
     gonaduct
6. Susunannya disokong oleh suatu skeleton dari CaCO3         
  Sumber :  (Wijarni dan Diana, 1984).


Bintang Mengular (Macrophiotix belii)
Habitat:
      Habitatnya terdapat pada semua perairan laut. Mulai dari garis pasang surut sampai ke daerah abisal yang dalam sampai 6000 m. Pada perairan litoral, kelas ini terdapat celah-celah siphons, di antara percabangan koloni Coelentrata yang lebat, di bawah batu-batu di antara rumput laut dan juga terbenam di dalam pasir atau lumpur dasar perairan ( Wijarni dan Diana, 1984 ).
Sistem pencernaan :
      Sistem pencernaan hewan ini dari mulut ventriculus ( Wijarni dan Diana, 1984). Umumnya binatang ular merupakan suspendian freeder, beberapa sebagai filter freeder dan scaverger (Suwignyo dkk, 2005).              
Sistem respirasi :
      Menggunakan insang dan juga dengan kantong-kantong yang terdapat di sekitar mulut (Wijarni dan Diana, 1984). System pembuluh air terdiri atas madreporit, saluran batu (stone coral), saluran cincin (ring coral), saluran radial (radial coral), saliran lateral (lateral coral), ampula dan kaki tabung. System pembuluh air berfungsi intuk menggerakkan kaki tabung (tubefeet), kaki tabung juga berfungsi untuk merayap (Suwignyo dkk, 2005).
Sistem reproduksi :
      Secara seksual, yaitu di mana sperma dan sel telur dilepaskan di air sehingga pembuahan terjadi di air tersebut. Aseksual, yaitu secara autotomi dan autoamputasi (Wijarni dan Diana, 1984). Kebanyakan Ophiuroid adalah dioecious. Pembuahan di luar, menghasilka larva Ophiopleteus yang berenang bebas dan simetri bilateral. Beberapa hari kemudian mengalami metamorfosa menjadi simetri radial (Suwignyo dkk, 2005).
Sistem ekskresi ;
      Pada pangkal radius di dalam oral ada cekungan yang disebut bursa yang dilapisi epithelium dengan cilia. Di sini terdapat muara gonodist dan terjadi pertukaran gas serta ekskresi (Radiopoetra, et al., 1981). Tidak memiliki lekuk amburakral. Tidak mempunyai anus dan intestine madreporit pada permukaan oral (Kastwi et al., 2005).
Lain-lain :
      Echinodermata yang sudah dikeringkan dan dijadikan tepung dipakai sebagai produk. Oleh karena mengandung banyak kalsium dan nitrogen (Radiopoetra, et al., 1981). Echinodermata merupakan satu-satunya filum dalam kingdom animalia yang anggotanya tidak ada yang hidup sebagai parasit. Beberapa hidup komersial atau inang bagi hewan lain atau sebagai tempat berlindung (Suwisnyo dkk, 2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar